SYARAT & KETENTUAN

  1. DEFINISI

    Untuk tujuan syarat dan ketentuan (“S&K”) ini, istilah yang didefinisikan dalam Pasal ini, dan dimanapun dalam S&K ini, akan memiliki arti sebagai berikut: 

    1. Hari kerja adalah hari (selain Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional) ketika bank komersil melaksanakan bisnis di Jakarta;
    2. Hukum adalah setiap undang-undang dan peraturan, surat keputusan atau kebijakan yang memiliki kekuatan hukum termasuk peraturan, peraturan daerah, dan perundangan bawahan lainnya, persyaratan dan pedoman dari pemerintah pusat, provinsi, wilayah, kotamadya, kabupaten, atau pemerintahan regional atau otoritas gabungan pemerintahan dan swasta, termasuk yang dari Republik Indonesia dan yuridiksi terkait lainnya, dan termasuk kementerian, departemen, komisi, biro, dewan, administratif dan atau lembaga atau badan pengatur atau instrumen lain darinya yang secara hukum disyaratkan untuk dipatuhi oleh suatu pihak, termasuk hukum dan keadilan bersama;
    3. Pemohon adalah individu, badan usaha kecil, atau badan usaha menengah sesuai dengan ketentuan pasal 6 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang mencari Fasilitas Pembiayaan melalui website Danakoo;
    4. Pendana adalah subyek hukum yang berbentuk badan usaha atau individu yang menempatkan dana di Rekening Danakoo untuk disalurkan sebagai Pembiayaan kepada Pemohon melalui website Danakoo atas keputusan Pendana;
    5. Petugas, yang hubungannya dengan Danakoo, adalah setiap direktur dan/atau pegawai dari Danakoo yang telah masuk dalam daftar pegawai Danakoo dan ditandatangani oleh direktur Danakoo;
    6. Pembiayaan adalah sejumlah dana yang ditempatkan di Rekening Danakoo dan dipinjamkan oleh Pendana kepada Pemohon melalui penggunaan website Danakoo;
    7. Rekening Danakoo adalah rekening atas nama PT Danakoo Mitra Artha dimana Pendana diwajibkan untuk meletakkan sejumlah dana ke rekening Danakoo yang akan diteruskan kepada Pemohon; dan
    8. S&K adalah Syarat dan Ketentuan ini, yang dapat direvisi, diamandemen, atau ditambah dari waktu ke waktu, yang maknanya sesuai dengan apa yang tertera dengan memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Para Pihak.
  2. UMUM

    1. Apabila terdapat perbedaan dan pertentangan antara S&K dan perjanjian yang mengikat oleh dan dengan Danakoo, maka peraturan dalam perjanjian yang berlaku.
    2. Dalam S&K ini, semua rujukan kepada badan usaha atau individu, adalah juga sebagai merujuk kepada agen yang sah, penerima hak pengalihan, penerus, ataupun kuasa/wakil dari badan hukum atau individu tersebut selama dianggap wajar. Ungkapan bermakna tunggal diartikan sebagai ungkapan bermakna jamak dan sebaliknya.
    3. Tidak ada Hukum (atau interpretasinya) yang menyatakan ambiguitas dalam suatu dokumen diartikan untuk melawan pihak yang mempersiapkan dokumen terkait S&K ini.
    4. Setiap rujukan Hukum, peraturan, undang-undang atau penetapan adalah merujuk pada amandemen dan perubahan peraturan terkait, atau peraturan yang berada dibawah Hukum, peraturan, atau penetapan tersebut.
    5. Judul yang digunakan untuk S&K ini hanya untuk penjelasan dan referensi saja, dan tidak mempengaruhi penafsiran, atau menjadi bahan pertimbangan, dalam interpretasi S&K ini.
  3. JASA YANG DIBERIKAN

    1. S&K ini merupakan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan dimana PT Danakoo Mitra Artha ("Danakoo") akan memberikan jasa dengan pengoperasian website danakoo.com ("Website") yang akan memfasilitasi proses pemberian Pembiayaan ("Jasa"). 
    2. Anda menyetujui bahwa Danakoo mempunyai pertimbangan tunggal dan absolut untuk menentukan apakah Anda dapat masuk dalam daftar calon Pendana atau Pemohon. Dalam hal Anda tidak masuk dapat masuk dalam daftar calon Pendana atau Pemohon, Danakoo tidak berhak untuk menyediakan Jasa ataupun memunculkan kewajiban tambahan apapun kepada Anda sebagai Pemohon atau Pendana.
    3. Ketentuan Penyediaan Jasa dari Danakoo akan tunduk pada Hukum dan S&K ini, dan Danakoo tidak bertanggung jawab atas tindakan yang diambil oleh pihak manapun dalam rangka mematuhi Hukum dan S&K ini kecuali memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Danakoo.
    4. Kecuali diatur lain, Jasa yang disediakan oleh Danakoo dapat termasuk memfasilitasi Pembiayaan, atau jenis jasa lain yang Danakoo akan perkenalkan dari waktu ke waktu.
  4. PENGAKUAN

    1. Anda memahami, mengakui, dan setuju bahwa Danakoo tidak dan tidak akan pernah:

      1. menyelenggarakan simpanan dalam bentuk apapun seperti giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu; 
      2. menjalankan pendanaan modal;
      3. memihak salah satu pihak, baik Pemohon maupun Pendana dalam perjanjian pembiayaan; 
      4. menjalankan kegiatan perbankan, pasar modal, jasa keuangan non-bank, dan kegiatan lainnya sebagaimana diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") dan Bank Indonesia ("BI"); 
      5. menyediakan jasa peringkat kredit atau bentuk kegiatan lainnya yang dipersamakan dengan itu sebagaimana diatur oleh OJK dan BI; atau 
      6. menyediakan jasa penyimpanan/ penitipan.
    2. Anda memahami, mengakui, dan setuju bahwa peran Danakoo hanya bersifat administratif dan sebagai fasilitator yang mengatur Pemohon dan Pendana untuk mengikatkan diri dalam fasilitas Pembiayaan.
  5. PERLINDUNGAN DATA PRIBADI

    1. Dengan ini, Anda menyetujui bahwa Danakoo dapat mengumpulkan, menyimpan, memproses, membuka informasi, mengakses, mengkaji, dan/ atau menggunakan data pribadi (termasuk informasi pribadi yang sensitif) tentang Anda, baik yang didapatkan melalui Anda ataupun melalui sumber lain yang sesuai dengan Hukum yang berlaku ("Data Pribadi").
    2. Danakoo menyetujui untuk merahasiakan semua Data Pribadi dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun selain untuk pemberian fasilitas Pembiayaan, namun dengan ketentuan bahwa hal-hal di atas tidak berlaku untuk Data Pribadi yang: (i) suatu pihak dapat memperlihatkan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut; (ii) Data Pribadi tersebut umumnya diketahui publik dan waktu itu belum diketahui melalui setiap pelanggaran Hukum yang berlaku; (iii) Data Pribadi tersebut diketahui publik melalui tanpa adanya kesalahan pihak tersebut; (iv) Data Pribadi tersebut selanjutnya diperoleh secara sah oleh pihak tersebut tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain; (v) Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan atau menurut Hukum yang berlaku; atau (vi) Data Pribadi tersebut diungkapkan dalam proses litigasi apa pun. 
    3. Jika Danakoo disyaratkan oleh Hukum untuk mengungkapkan Data Pribadi, maka Danakoo akan memberitahukan kepada pemilik Data Pribadi bahwa tindakan pengungkapan tersebut wajib dilakukannya dan pemilik Data Pribadi melepaskan Danakoo dari segala tuntutan yang timbul di kemudian hari. . 
  6. UJI KELAYAKAN CALON PEMOHON

    1. Ketika menerima aplikasi Jasa, penilai kredit dari Danakoo akan mengadakan uji kelayakan calon Pemohon. Selama proses berlangsung, Danakoo akan menghubungi lembaga, perusahaan, atau individu terkait untuk mencari informasi, melakukan verifikasi, dan konfirmasi informasi terkait Pemohon, termasuk (namun tidak terbatas pada) catatan historis hukum dan kredit. Pemohon wajib memberikan izin dan kuasa kepada Danakoo untuk melakukan hal-hal tersebut.
    2. Kecuali Danakoo diwajibkan oleh hukum, atau telah menerima izin tertulis sebelumnya dari Pemohon, Danakoo tidak akan memberikan informasi atau membuka dokumen yang diberikan oleh Pemohon kepada pihak ketiga.
    3. Setelah hasil yang memadai dari uji kelayakan oleh Danakoo, Danakoo akan menginfokan Pemohon mengenai syarat dan ketentuan Jasa melalui Email dan apakah Pemohon dapat masuk dalam daftar calon Pemohon dalam Website.
  7. PERMINTAAN PEMBIAYAAN DARI PEMOHON

    1. Setelah pemohon setuju pada syarat dan ketentuan dari Jasa, Pemohon harus mengajukan aplikasi pengajuan pembiayaan, yang akan menunjukkan Jumlah yang Dibutuhkan ("Permintaan Pembiayaan").
    2. Permintaan Pembiayaan tidak mengatur perjanjian untuk menambah jumlah Pembiayaan kepada Pemohon melalui siapapun. Permintaan tersebut hanya merupakan permintaan komitmen dana yang dibutuhkan. Untuk menghindari keragu-raguan, Permintaan Pembiayaan bukanlah penawaran; Permintaan Pembiayaan tersebut mengatur undangan atas tindakan.
    3. Jumlah maksimal fasilitas Pembiayaan yang dapat diberikan kepada Pemohon adalah sejumlah yang tertera di Permintaan Pembiayaan.
  8. PEMBAYARAN OLEH PEMOHON

    1. Pembayaran kembali Pembiayaan, dengan margin keuntungan, harus dilakukan secara berkala. Ketika Pemohon mengalami gagal bayar, Danakoo akan memberikan peringatan tidak dilakukan pembayaran kepada Pemohon dalam jangka waktu 7 (tujuh) Hari Kerja. Apabila Pemohon gagal membayar membayar kembali angsuran ketiga secara berturut-turut, Pemohon dinyatakan wanprestasi. Apabila terjadi wanprestasi, Danakoo akan melakukan restrukturisasi skema pembayaran kembali Pembiayaan Pemohon dan dapat melakukan tindakan hukum dalam proses penyelesaian.
    2. Pemohon memahami, dan setuju untuk mematuhi untuk membayar setiap pengaturan fasilitas Pembiayaan, biaya lain-lain kepada Danakoo dan/ atau pihak terkait lainnya dalam melakukan pengaturan dan administratif fasilitas Pembiayaan dan Perjanjian terkait. Sebagai tambahan, Pemohon sepakat untuk membayar semua denda, biaya keterlambatan pembayaran, biaya penagihan, dan biaya lain kepada Danakoo sebagai hasil dari kegiatan yang dilakukan oleh Danakoo atas bagian dari Jasa. 
  9. PEMBAHARUAN DATA

    Danakoo dapat sewaktu-waktu melakukan modifikasi data Pemohon ("Modifikasi") yang terdapat dalam database Website. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, perbaharuan informasi Pemohon, Data Pribadi, dan mengunggah dokumen tambahan yang berkaitan dengan data Pemohon. Pemohon akan diberikan pemberitahuan selama 14 (empat belas) hari kalendar ("Periode Pemberitahuan") untuk menerima atau menolak Modifikasi. Pemohon dianggap mengetahui Modifikasi yang dilakukan, apabila tidak ada respon yang diberikan kepada Danakoo selama Periode Pemberitahuan. 

     

  10. REPRESENTASI DAN JAMINAN

    Pemohon mewakili dan menjamin kepada Danakoo bahwa Pemohon:

    1. Perusahaan yang didirikan berdasarkan Hukum Indonesia;
    2. Mampu membayar hutang dan tidak ada alasan yang menyatakan bahwa Pemohon tidak mampu membayar hutangnya ketika jatuh tempo dan harus dibayar; 
    3. Memiliki kapasitas hukum dan telah memperoleh perizinan dan/atau persetujuan yang diperlukan berdasarkan Hukum atau perjanjian lain yang mana Pemohon terikat untuk mengikatkan diri dalam S&K dan melaksanakan kewajiban yang tertera di S&K dan perjanjian lainnya terkait. Selanjutnya, Pemohon harus sudah mengambil langkah yang diperlukan untuk mengikatkan dirinya dalam Perjanjian dan melakukan kewajiban yang terdapat dalam S&K dan perjanjian lainnya terkait;
    4. Kewajiban yang diasumsikan mengikat kepada Pemohon dalam S&K dan perjanjian lainnya terkait juga dianggap legal, sah, mengikat, dan dapat ditegakkan kepada Pemohon; 
    5. Semua informasi yang diberikan Pemohon kepada Danakoo adalah benar dan akurat secara materi dan sesuai dengan tanggal dokumen diberikan atau tanggal yang tertera pada dokumen; dan 
    6. Tidak ada tindakan hukum, gugatan, atau proses hukum, atau didepan pengadilan, sidang, badan pemerintahan, agensi atau badan resmi atau arbitrator (baik dalam proses atau akan diajukan) yang dapat berdampak pada legalitas, keabsahan, atau penegakan S&K ini atau perjanjian lainnya yang terkait, atau mempengaruhi kemampuan Pemohon untuk menjalankan kewajiban. 
  11. KUASA

    1. Pemohon memberikan kuasa kepada Danakoo untuk:

      1. Melaksanakan pengecekan pembiayaan kepada Pemohon;
      2. Mendapatkan dan melakukan verifikasi informasi mengenai Pemohon, sesuai dengan pertimbangan dari Danakoo jika dianggap perlu;
      3. Menggunakan semua sumber relevan, yang dapat digunakan oleh Danakoo, untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh Danakoo terkait dengan fasilitas Pembiayaan yang diberikan; dan
      4. Mengungkapkan informasi dan/ atau data terkait Pemohon dan rekening-rekeningnya kepada Danakoo, atau informasi lainnya yang dipandang penting oleh Danakoo.
    2. Pendana memberikan kuasa kepada Danakoo untuk:

      1. Meneruskan kembali dana yang ditempatkan ke rekening Danakoo kepada Pemohon yang membutuhkan pembiayaan; dan
      2. Mendapatkan dan melakukan verifikasi informasi mengenai Pendana, sesuai dengan pertimbangan dari Danakoo jika dianggap perlu.
  12. GANTI RUGI

    Pemohon setuju untuk mengganti rugi Danakoo dan Pegawainya terhadap atas semua kerugian, pajak, biaya, biaya hukum, dan kewajiban (saat ini, di masa yang akan datang, kontingensi, atau apapun yang berbasis ganti rugi), yang diderita oleh Danakoo sebagai hasil atau hubungan dari pelanggaran S&K atau perjanjian lainnya terkait yang dilakukan oleh Pemohon dan/atau tindakan yang dilakukan oleh Danakoo ketika terjadinya pelanggaran S&K oleh Pemohon atau perjanjian lainnya yang terkait. 

  13. PENGECUALIAN DAN BATASAN KEWAJIBAN

    Danakoo ataupun Pegawainya tidak bertanggung jawab secara kontraktual dan ketika terjadi pelanggaran Perjanjian, (termasuk kelalaian atau pelanggaran kewajiban), untuk (i) terjadinya kehilangan keuntungan, bisnis atau pendapatan, (ii) setiap biaya atau beban, atau secara tidak langsung, atau langsung, diderita atau disebabkan oleh Pemohon sebagai hasil atau dalam hubungan dengan kententuan penyediaan Jasa.

  14. ESENSI

    Adalah esensial dalam kewajiban dalam Perjanjian ini bagi Para pihak bahwa Pemohon akan melaksanakan kewajibannya tepat waktu.

  15. HUKUM DAN PERATURAN YANG BERLAKU

    1. S&K ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan hukum Republik Indonesia;
    2. Dalam rangka mematuhi gugatan atau tindakan hukum atau prosedur (tiap-tiapnya akan disebut sebagai "Prosedur") yang terkait perselisihan yang timbul akibat atau dalam kaitannya dengan S&K ini, setiap pihak akan tunduk pada jurisdiksi Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).